Monday, April 13, 2015

Psikoterapi - softskill (Bag. 5)



BAB V
Analisis Transaksional
(Berne)

Analisis transaksional adalah suatu pendekatan psikoterapeutik yang sangat dapat diterapkan dalam praktik pekerjaan sosial klinis (Cooper dan Turner, 1996). Analisis transaksional gagasan Eric Berne (1910-1970) merupakan suatu pendekatan untuk mensistematisasi, menganalisis, dan mengubah saling pengaruh di antara manusia, yang menekankan interaksi keduanya (antara diri dan manusia lain) dan kesadaran internal (regulasi diri dan ekspresi diri). Tinjauan teoritik tentang analisis transaksional dikaitkan dengan suatu pendekatan yang mengaitkan internal (intrapsikis) dengan interpersonal dan relasional. Pada intinya, makna analisis transaksional adalah untuk memperkaya kemampuan-kemampuan menghadapi (coping) dan mengatur (regulatory) situasi yang paling dalam dan interaksi kehidupan nyata.
Analisis transaksional dibagi ke dalam kategori-kategori sebagai berikut:
1. keadaan ego (ego states)
2. transaksi (transaction)
3. permainan dan drama segitiga (games and the drama triangle)
4. naskah (script)
5. gerakan dan lakon cerita (strokes and scriptwork)
6. posisi kehidupan (life positions)
7. perintah dan keputusan ulang naskah (script injuctions and redecision)

Juga penting adalah konsep “raket” (rackets) dan “perangko perdagangan” (trading stamps) dan 3 P, yaitu: Permission (permisi, izin), potency (potensi), dan protection (proteksi, perlindungan).
Teknik-teknik yang biasa digunakan kelompok analisis transaksional ialah dengan cara mengikat janji antara ahli dengan konselor. Ahli diminta untuk menerapkan matlamat yang hendak dicapai dalam kelompok dan semua ahli terlibat dalam proses ini. Selain itu teknik lain juga digunakan seperti menganalisis struktur, menganalisis dalih (games), dan menganalisis skrip hidup (Zuraidah 1989:39).

Sumber :
Roberts, Albert R., Greene, Gilbert J. 2008. Buku Pintar Pekerja Sosial / Social Worker’s Desk Reference Jilid 1. Jakarta. PT BPK Gunung Mulia.
Rahman, Amaludin AB. 2008. Perkhidmatan Kaunseling Pendekatan dalam Hikmah Berdakwah. Kuala Lumpur. Yeohprinco SDN. BHD.

No comments:

Post a Comment