Wednesday, October 16, 2013

Psikologi & Teknologi Internet (Online Game)

I. Pendahuluan

     Latar Belakang
Game Online atau sering disebut Online Games adalah sebuah permainan (games) yang dimainkan di dalam suatu jaringan (baik LAN maupun Internet). Meledaknya game online sendiri merupakan cerminan dari pesatnya jaringan computer yang dahulunya berskala kecil (small local network) sampai menjadi internet dan terus berkembang sampai sekarang.
Pada tahun 1970 ketika muncul jaringan computer berbasis paket (packet based computer networking), jaringan computer tidak hanya sebatas LAN saja tetapi sudah mencakup WAN dan menjadi Internet. Game online pertama kali muncul kebanyakan adalah game-game simulasi perang ataupun pesawat yang dipakai untuk kepentingan militer yang akhirnya dilepas lalu dikomersialkan, game-game ini kemudian menginspirasi game-game yang lain muncul dan berkembang. Pada tahun 2001 adalah puncak dari demam dotcom, sehingga penyebaran informasi mengenai game online semakin cepat.

II. Analisa & Pembahasan

       Bagi kebanyakan orang Online Game adalah sebuah kegiatan yang sangat menarik karena bisa menghilangkan rasa stress akibat pekerjaan yang sudah terlalu banyak. Khususnya anak-anak di bawah umur, mereka sangat senang dengan permainan seperti ini apalagi pada saat sehabis pulang sekolah tanpa pulang ke rumah mereka langsung ke warnet dan menghabiskan uang saku mereka dengan bermain Online Game. Memang hal semacam itu sangat ditentang oleh orang tua sebab sangat mengganggu konsentrasi di dalam sekolahnya pada saat belajar. Banyak waktu yang terbuang sia-sia dengan hal-hal yang tidak seharusnya mereka lakukan di jam-jam sekolah, sehingga akan berdampak pada nilai studi mereka yang semakin hari semakin menurun akibat terlalu sering bermain Online Game. Bermain boleh saja dilakukan tetapi harus ada jam-jam tertentu, kapan mereka belajar dan kapan mereka bermain. 

DAMPAK BAIK DAN BURUK DARI GAME ONLINE
Game online muncul tidak hanya mempengaruhi kehidupan social pemainnya dalam dunia nyata tetapi juga terkadang mempengaruhi kejiwaan seseorang apabila memainkannya terlalu lama. Seperti yang dilansir ketok.com, gara-gara sebuah game, seorang pemuda di amerika serikat nekad menusuk temannya sendiri. Bahkan anak-anak yang kecanduan bermain game sering membolos dari sekolahnya agar bisa melanjutkan petualangannya di dunia maya. Akan tetapi dari segi bisnis, game online masih memiliki prospek bagus kedepannya. Dengan kehadiran games online ini, orang-orang bisa menciptakan lapangan kerja sendiri yaitu games center, atau menjadi pengembang games sehingga dapat mengurangi angka pengangguran. Game online juga bisa meningkatkan kemampuan bekerja sama pada otak anak. (sumber: 
http://reviandhika95.wordpress.com/2012/10/12/sejarah-dan-perkembangan-game-online/ )
III. Kesimpulan
         Terlalu sering melakukan permainan Online Game seperti yang telah saya bahas di atas dapat menyebabkan anak menjadi tidak konsentrasi dalam belajar. Sudah banyak waktu yang terbuang sia-sia oleh mereka dan sudah banyak uang yang terbuang percuma hanya demi sebuah permainan Online Game yang mereka inginkan. Orang tua yang baik dan bijak akan tahu situasi yang seharusnya apa yang mereka lakukan pada saat jam-jam pulang sekolah atau pada saat jam-jam belajar, ada saatnya mereka untuk berkonsentrasi dalam belajar ada saatnya mereka untuk bermain. Boleh saja dilakukan tetapi jangan terlalu sering dilakukan karena akan mengakibatkan si anak mnjadi malas untuk belajar dan berakhir dengan nilai-nilai studi yang semakin lama semakin menurun karena ulah mereka sendiri. Hindari hal negatif itu agar anak dapat belajar dengan giat, melakukan hal-hal yang positif sehingga apa yang telah diajarkan oleh guru mereka di kelas dapat diterima dengan baik.

         

No comments:

Post a Comment