Monday, October 1, 2012

Tugas Ilmu Budaya Dasar Bag. 1 - 1


  • Pendapat tentang nilai-nilai yang berlaku di lingkungan sekitar rumah :

Di setiap lingkungan pasti ada satu kebiasaan dimana kebiasaan itu adalah suatu tradisi kebudayaan. Sama seperti kebiasaan yang ada di daerah tempat tinggal saya, tradisi yang setiap tahunnya selalu ada yaitu pada saat Hari Raya dimana setiap warga saling bersilaturahmi antara tetangga yang satu dengan yang lain, seperti contoh pada saat hari raya Lebaran. Sebagian dari warga berkunjung ke rumah sanak saudara untuk bersilaturahmi. Ada juga yang membawakan makanan khas Lebaran seperti ketupat dan kue-kue Lebaran  ke setiap rumah itu semua dilakukan secara rutin setiap tahun. Sebaliknya, pada saat saya merayakan Natal keluarga saya selalu membagi-bagikan bingkisan berupa kue dan makanan kecil-kecilan. Tujuan diadakannya tradisi seperti itu adalah untuk menjalin kebersamaan antarwarga dan saling menghargai satu sama lain. Moment-moment itu semua adalah moment yang paling saya tunggu karena begitu eratnya tali kebersamaan yang terjalin di antara mereka. Hal ini jangan sampai kita lupakan karena dari sinilah kita dapat mengenal satu sama lain, tidak pandang bulu, saling menghargai dan menghormati antar agama. Semoga tradisi yang kita miliki bisa terus dilaksanakan sampai pada anak cucu kita.

  • Fakto -faktor yang mempengaruhi perubahan kebudayaan :

  1. Faktor Sosial
     Pada waktu itu setiap memperingati Hari Raya Lebaran & Natal biasanya saya & keluarga besar berkumpul di rumah sanak saudara untuk saling bersilaturahmi. Pada saat Lebaran kita semua saling memaafkan satu sama lain sedangkan Natal saling memberi selamat Hari Raya Natal. Pokoknya rasa kebersamaan & kekeluargaan yang terjalin begitu erat tapi sekarang itu semua semakin lama semakin hilang mungkin karena faktor individu, ada yang sibuk dengan keluarga yang lain/sanak saudara yg lain atau bahkan pekerjaan.

  2. Faktor Keluarga
     Sama seperti faktor yang pertama, kalau faktor sebelumnya lebih dominan ke sanak saudara tapi faktor kedua ini lebih ke keluarganya. Jadi sudah semkain sedikit keluarga besar maupun sanak saudara yang mau peduli dengan rasa kebersamaan ini, sperti ngumpul bareng, saling sharing, dsb.

Di sini saya akan mengambil sisi positif & negatif dari kedua faktor tersebut. Sisi positif yg saya ambil di sini yaitu rasa kebersamaan, kekeluargaan yang terjalin antara sanak saudara yg satu dengan lainnya begitu erat. Dengan begitu kita dapat saling bertukar pikiran masalah pribadi maupun keluarga ataupun lainnya, dan hal seperti itu yang membuat saya senang & bangga.
Sisi negatifnya yaitu sudah semakin berkurang rasa kekeluargaan & rasa kebersamaan itu. Semakin bertambahnya tahun Hari Raya yang saya & keluarga jalani semakin hilang tradisi ini. Saya berharap tradisi yang saya & keluarga jalani setiap tahunnya bisa terlaksana lagi seperti dulu.


No comments:

Post a Comment