Tuesday, October 16, 2012

Tugas Ilmu Budaya Dasar Bag. 2 - 1

1. Sebutkan cinta menurut Dr. Sarlito .W Sarwono, berikan contoh masing-masing min. 2 !
    Jawab : cinta memiliki tiga unsur yaitu keterikatankeintiman dan kemesraan. Yang dimaksud dengan keterikatan adalah adanya perasaan untuk hanya bersama dia, segala prioritas untuk dia, tidak mau pergi dengan orang lain kecuali dengan dia. Yang dimaksud dengan keintiman adalah adanya kebiasaan-kebiasaan dan tingkah laku yang menunjukkan bahwa antara anda dan dia sudah tidak ada jarak lagi, panggilan-panggilan formal seperti bapak, ibu saudara digantikan dengan panggilan nama atau sayang. Sedangkan kemesraan adalah rasa ingin membelai atau dibelai, rasa kangen kalau tidak bertemu, adanya ungkapan-ungkapan sayang. 

Contoh : keterikatan --> seorang cewek yang selalu ingin pergi bersama pacarnya kemanapun cowok itu pergi tanpa memperdulikan orang tua yg sudah melarangnya untuk pergi bersama cowoknya tersebut, cinta terhadap anak & ayah jadi apapun si anak ini mau menginginkan sesuatu pasti akan dikabulkan oleh sang ayah entah itu brupa barang atau permintaan lainnya.

keintiman --> seorang sahabat yang tadinya belum pernah mengenal satu sama lain, belum mengenal sifat maupun karakter satu sama lain sekarang mereka sudah begitu dekat & bahkan sudah anggap seperti saudara sendiri. Jadi kata "sayang" yang terucap sudah menjadi hal yang lumrah bagi mereka. Lalu contoh kedua ialah Sepasang kekasih yang dulunya masih malu-malu utk saling menyapa atau bahkan masih menyapa dgn "nama" skarang sudah berani utk mengatakan "sayang" terhadap kekasihnya.

Kemesraan --> rasa kangen kepada seorang sahabat yang sudah lama tidak bertemu dan seorang cowok yang hendak mengungkapkan prasaan cinta kepada ceweknya.


2. a) Sebutkan nilai estetika keindahan, berikan contoh min. 2 !

         Jawab : - nilai ekstrinsik = sifat baik suatu benda sbg alat utk sesuatu yg lainnya.

                      - nilai intrinsik = sifat baik dari benda yg bersangkutan/sebagai suatu tujuan   ataupun demi kepentingan benda itu sendiri. 

 contohnya pentas, terdiri dari beberapa unsur yaitu  gerak,musik,properti termasuk nilai ekstrinsik. Sedangkan pesan yg disampaikan termasuk nilai intrinsik. contoh kedua adalah tarian mempunyai beberapa unsur yaitu gerak,musik,properti,latar termasuk nilai ekstrinsik dan pesan yang disampaikan termasuk nilai intrinsik.

    b) Jelaskan keserasian dalam keindahan, berikan contoh min. 2 !

         Jawab : memadukan antara 2 aspek agar terlihat lebih menarik dan kompak.

                       contoh --> serasi dalam hal berpakaian antara ayah dan ibu kita dan serasi                dalam hal tingkah laku yg terjadi antara 2 anak kembar yg sama-sama saling peduli terhadap sesama.

No comments:

Post a Comment