Tuesday, January 8, 2013

Tugas Ilmu Budaya Dasar Bag. 4

"Manusia & Kegelisahan"

1. Sebutkan & berikan contoh 2, 3 macam kecemasan menurut Sigmund Freud !
Jawab :
- kecemasan objektive / realita
contoh: --> pada saat kita takut / panik melihat langsung kejadian pembunuhan
            --> kita merasa takut karena kita melihat ada perampok yang masuk ke dalam rumah tetangga kita,    takut rumah kita dirampok juga.
- kecemasan neurotik / neuritis
contoh: --> pada saat pengumuman kelulusan kita merasa gugup, ada perasaan tidak tenang pada dalam diri kita.
            --> pada saat pertama kali maju ke depan kelas untuk mempresentasikan tugas, kita merasa gugup & takut melakukan kesalahan.
- kecemasan moral
contoh: --> ada rasa benci kita terhadap orang yang sudah lama kita kenal
            --> rasa kagum terhadap idola kita.

2. Jelaskan yang dimaksud dengan ketidakpastian, sebutkan sebab-sebab terjadi ketidakpastian & contohnya !
Jawab:
Pengertiannya adalah menggambarkan seseorang tidak merasa yakin, tanpa tujuan, dan tak jelas mau ke arah mana yang ingin dituju. Sebab-sebabnya antara lain :
- Obsesi = orang yang terus menerus memikirkan hal-hal yang negatif padahal masalah itu belum dilakukan atau belum terjadi, selalu mengatakan hal itu tidak benar padahal belum tentu itu salah.
- Phobia = orang yang phobia terhadap suasana kegelapan dan orang yang phobia terhadap binatang melata
- Kompulasi = orang yang depresi karena masalah percintaannya dan orang yang mengalami tekanan batin karena ditinggal oleh orang yang dicintainya meninggal.
- Hysteria = orang yang diajak oleh temannya ke tempat yang angker lalu tanpa disadari ia melihat makhluk halus lalu ia menjerit ketakutan, orang yang takut dengan badut saat melihatnya ia lari ketakutan & teriak.
- Delusi = ia merasa kalau tubuhnya mengalami kenaikan berat badan secara drastis tapi temannya bilang kalau ia tidak mengalami itu. Ia merasa kalau dirinya tidak cantik kalau rambutnya digerai tapi sahabatnya bilang kalau digerai itu ia merasa lebih cantik.

3. Sebutkan harapan anda & jelaskan mengapa anda memilih harapan tersebut !
Jawab :
Harapan saya untuk sekarang ini adalah ingin lulus sarjana S1 Psikologi, ingin membahagiakan orang tua karena mereka ingin melihat anaknya menjadi seorang sarjana. Tapi kalau untuk ke depannya nanti setelah lulus belum kepikiran, bukannya saya tidak mau / malas untuk terus mencoba tetapi saya hanya ingin menjalankan apa yang ada sekarang & tetap selalu bersyukur apa yang sudah saya miliki. Saya hanya ingin menghargai proses yang saya jalani. Perlahan tapi pasti, itu harapan saya. Selagi orang tua mensupport saya & tetap mengandalkan Tuhan saya tetap maju & terus melakukan apa yang saya mau.

4. Jelaskan yang dimaksud dengan kepercayaan, sebutkan teori-teori tentang kepercayaan & berikan contohnya !
Jawab :
Kepercayaan adalah berasal dari kata "Percaya" yaitu sesuatu yang diyakini akan kebenaran. Teori-teori tentang kepercayaan itu sendiri antara lain :
- Kebenaran merupakan ajaran yang diajarkan di setiap agama di dunia
- Kebenaran merupakan kunci kebahagiaan dari semua orang
- Kebenaran menurut Dr. Yuyun Sumantri dalam bukunya Filsafat Ilmu

No comments:

Post a Comment